fbpx

Standard Operating Procedure (Kode Etik) dan Sanksi OkeJek

Dalam konsep Buy the Service, ada kontrak layanan yang harus dipenuhi oleh pihak operator.

Kontrak layanan ini mencakup juga Standard Operating Procedure (SOP) yang meliputi :

1. Standar Operasi Pelayanan dan Pengoperasian, yang meliputi :

A  Standar kendaraan ;

  • Motor pajak harus hidup
  • Motor harus standradt [ tidah di mofikasi ]
  • Motor selalu bersih agar nyaman di lihat customer

B. Kelengkapam Identitas harus di bawah meliputi :

  • STNK sesuai dengan NOPOL
  • SIM
  • KTP / KTA

C. Pengemudi harus sefety untuk diri nya sendiri meliput :

  • Helm
  • kacamata dam Masker
  • Sarung tangan dan pelindung dada
  • Jas hujan harus ada  [ apa bila musin hujan ]
  • D. Alat untuk pengoperasian di Ojol [ ojek online ]

HandPhone

Sarung Hp atau Hokder Hp

Akun Driver harus punya sendiri

2. Standar Pengemudi/Pramudi, yang meliputi :

  • Pengemudi berlaku sopan ke pada costomer nya
  • Pengemudi wajib bertanggung jawab ke customer bila ada kesalahan di orderan
  • Memberu standrat prapengemudi [ helm ] harus memgimgatkan “ KLIK “ [ mengunci helm ] Ke Customer
  • Prapengemudi wajib menegur pengemudi bila laju kendaran terlalu kencang.

3. Standar Administrasi, yang meliputi :

  • driver apabila dapat orderan wajib memberi info ke customer [ via Wa atau via chat app ]
  • Wajib menyiap kak budget utk orderan food dan belanja apa bila ada dana talangan.

4. Pengemudi berpakaian rapi dan bersepatu memakai atribut saat menjalankan orderan

5. Apabila pengemudi melanggar S.O.P bisa dilihat di tabel kode etik di bawah ini :

 

 

No.Kode Etik (SOP)Sanksi Melanggar
1Tidak memberikan Deposit/Down PaymentAkun tidak diaktifkan
2Memiliki atribut OkeJek (Jaket&Helm) dan tidak mempergunakan dengan benarPeringatan Verbal
3Perbedaan plat nomor kendaraan yang digunakan dengan yang tampil pada aplikasiPeringatan Verbal, Akun dinonaktifkan sementara
4Tidak berpakaian yang rapi dan menggunakan sepatu saat melayani penumpangPeringatan Verbal
5Tidak memberikan informasi terlambat/ konfirmasi kepada penumpangPeringatan Verbal / peingatan secara tertulis
6Kondisi kendaraan yang kotorPeringatan Verbal
7Bersikap tidak sopan dan kasar, bertutur kata yang tidak baik dan tidak menyenangkan bagi penumpangPeringatan Verbal / peringatan tertulis / akun non aktif

Traning ulang

8Terbukti memiliki akun hanya untuk mengambil data customerAkun di Non Aktifkan Permanen dan Saldo Hangus / perimgatan tertulis ber materai / supent / P.M [ putus mitra ]
9Driver bertanggung jawab menerima dan menyelesaikan order yang masuk, dan selalu melaporkan kepada Admin terhadap orderan fiktifPeringatan Verbal / traning ulang
10Menerima / menekan tombol selesai tanpa menjemput Penumpang / mengambil pesananPeringatan Verbal, Akun dinonaktifkan sementara , peringatan tertulis

Dan traning ulang / suspent

11Menekan tombol “Finish” tanpa menjemput dan mengantar penumpangPeringatan Verbal, Akun dinonaktifkan sementara peringatan tertulis bermaterai , traning ulang
12Memakai atribut ojek online lain saat mengambil order dari aplikasi OkeJekPeringatan Verbal, Akun dinonaktifkan sementara / suspent

Peringatan tertulis bermateri , traning ulang

13Meminta bayaran lebih dari tarif kepada penumpangPeringatan Verbal / akun non aktlf da traning ulang
14Tidak melaporkan perubahan plat/ kendaraan yang digunakanAkun dinonaktifkan Sementara / non aktit
15Membatalkan pesanan tanpa alasan yang jelasPenalti Deposit setelah 5x berturut-turut /akun non aktif , traning ulang
16Tidak memberikan potongan harga yang seharusnya ada pada penumpang yang menggunakan Kupon DiskonAkun dinonaktifkan Sementara / traning ulang
17Membujuk penumpang ataupun dengan sengaja menyalahgunakan Kupon DiskonAkun dinonaktifkan Sementara / traning ulang dan peringatan tertulis bermaterai
18Sengaja memanipulasi perangkat selular sendiri/milik orang lain untuk memanipulasi system.

Cth : membuat pesanan fiktif, menggunakan aplikasi fake GPS

Akun di Non Aktifkan Permanen dan Saldo Hangus / suspent

P.M [ putus mitra ]

19Mencurangi / memanipulasi sistem OkeJek milik sendiri / orang lain untuk alasan apapun, termasuk untuk mendapatkan bonusAkun dinonaktifkan Sementara, Akun di Non Aktifkan Permanen dan Saldo Hangus / peringatan tertulis bermaterai
20Mempergunakan Akun OkeJek milik orang lainAkun dinonaktifkan Sementara / peringatan tertlis dan rised saldo
21Menghina, melecehkan dan mengintimidasi penumpang baik secara langsung maupun tidak langsungAkun dinonaktifkan Sementara / suspent selamanya atau PM [ putus mitra ]
22Membuat penumpang cedera karena kelalaian mengemudiAkun dinonaktifkan Sementara / peringatan tertulis dan bertanggung jawab sepenuh nya apabila kelalaian driver
23Mengulangi pelanggaran (1-22) dan akun pernah dinonaktifkan sementaraAkun di Non Aktifkan Permanen dan Saldo Hangus / PM [ putus mitra ]
24Tidak diperbolehkan meminta order secara langsung / manual ke adminAkun dinonaktifkan Sementara / traning ulang
25Pelanggaran – Pelanggaran Berat

–        Pelecehan Seksual

–        Kekerasan Fisik

–        Kepemilikan Sajam

–        Kepemilikan Obat terlarang

–        Mengemudi dalam keadaan mabuk

–        Melanggar aturan lalu lintas

–        Melanggar hukum atau berurusan dengan hukum yang berlaku

Akun di Non Aktifkan Permanen dan Saldo Hangus / PM

 

 

 

 

 

 

 

26Laporan dari customer merokok di kendaraan pada saat membawa PenumpangAkun dinonaktifkan Sementara / peringatan tertulis bermaterai dan traning ulang
27Membatalkan pesanan / mematikan aplikasi Oke Driver  namun tetap mengantar Penumpang / pesananAkun dinonaktifkan Sementara / peringatan tertulis bermaterai
28Memprovokasi Mitra lain untuk melakukan kegiatan yang dapat merugikan pihak lain, termasuk OkeJek (contoh: Anarkis, Perusakan Fasilitas, Razia)Akun di Non Aktifkan Permanen dan Saldo Hangus / PM
29Tidak memberikan / menyalahgunakan potongan harga untuk Penumpang yang menggunakan kode promoAkun dinonaktifkan Sementara / traning ulang / perjajian tertulis bermaterai
30Menyebarkan informasi / berita yang tidak benar sehingga menimbulkan keresahan bagi Mitra lain melalui cara apapun, termasuk melalui media (contoh: online / cetak)Akun di Non Aktifkan Permanen dan Saldo Hangus
31Meminjamkan maupun melakukan jual beli akun Mitra OkeJekPemutusan hubungan kemitraan / Suspend permanen / PM
32Segala kecurangan yang menggunakan dan atau melibatkan metode pembayaran Tunai dan atau Non-Tunai, yang dapat merugikan pihak manapun baik materiil maupun immaterialPembekuan akun hingga 7 hari / perjanjian tertulis bermaterai dan traning ulang
33Membatalkan pesanan/mematikan aplikasi Oke Driver namun tetap mengantar penumpang/pesananPembekuan akun hingga 7 hari / perjanjuan tertulis bermaterai

Traning ulang

34Menyebarkan atau membujuk orang lain untuk menyebarkan berita tidak benar/bohong/palsu yang dapat merusak nama baik perusahaan ataupun karyawannya baik secara langsung (contoh: orasi di depan publik) maupun tidak langsung melalui media apapun (contoh: media sosial, media cetak), sehingga menimbulkan keresahan bagi publik dan atau kerugian bagi pihak manapun termasuk OkeJekAkun di Non Aktifkan Permanen dan Saldo Hangus / PM
35Jika akun tidak aktif dalam jangka waktu 3bulanAkun 0tomatis nonaktif dan saldo hangus

Kondisi yang menyebabkan Akun Non Aktif / Suspend Sementara tanpa melakukan Kesalahan.

1.Tidak mengisi Deposit

  • Oke Car   : 3 hari setelah aktif
  • Oke Ride : 7 hari setelah aktif

2.Tidak melengkapi berkas/ dokumen yang kurang

3.Dalam 30 hari setelah pendaftaran diterima dan akun diaktifkan

4.Tidak menerima pekerjaan dan atau tidak menyelesaikan pekerjaa 15 hari setelah aktif dan atau dari aktif terakhir tanpa keterangan

5.Deposit kurang dan masih memiliki cicilan Atribut, sehingga pemotongan deposit tidak dapat dilakukan

6.Apabila akun ada keterangan galat eror 2 atau akun belum di aktif kan driver wajib ke kantor  [ tidak boleh via chat wa ]

 

PERNYATAAN MENYETUJUI STANDARD OPERATING PROCEDURE (KODE ETIK)

Dengan ini secara sadar, Saya menyatakan :

  1. Saya sepenuhnya memahami dan menyetujui serta akan menjalankan semua klausul yang disebutkan diatas pada Standard Operating Prosedure (Kode Etik) Mitra OkeJek Kreasi
  2. Saya akan bertanggung jawab untuk setiap kewajiban dan segala pencemaran nama baik yang diakibatkan oleh operasi kendaraan bermotor/kendaraan penumpang dan/atau taksi/layanan pengiriman penumpang dan atau layanan pembelian makanan dan atau layanan pengiriman barang , termasuk, namun tidak terbatas pada cedera personal, kematian, dan kerusakan properti.
  3. Saya siap bertanggung jawab atas kerugian yang diderita oleh Okejek Kreasi Indonesiajika saya ditemukan melanggar tiap klausul apapun dalam Standard Operating Prosedure (Kode Etik) Pengemudi.
  4. Dalam hal anda melakukan pelanggaran atas kode etik yang anda setujui dan memiliki sanksi pemutusan hubungan kemitraan serta tidak dikembalikannya saldo tunai dan deposit, Anda dengan ini melepaskan dan membebaskan serta tidak akan menuntut Okejek Kreasi Indonesiaatas sisa saldo tunai dan deposit anda yang hangus sebagai denda atas pelanggaran tersebut.
  5. Saldo deposit tidak dapat di uangkan maupun di tarik ke rekening.
  6. Driver wajib memakai atribut setelah akun di aktif kan dan apabila driver tersebut belum
  7. Punya atribut maka bisa DP atribut atau di beri tenggang waktu selama 40 hari dan
  8. Bila sampai waktu masa tenggang akun akan di non aktif kan

Kode etik ini dapat diubah sewaktu-waktu secara sepihak oleh pihak OkeJek, sehingga

Anda juga menyatakan akan secara teratur meninjau dan selalu tunduk pada “Syarat dan  Ketentuan Layanan dan “Kode Etik” ini sebagaimana disebutkan disini website resmi Okejek Kreasi Indonesia.

 

 

Scroll To Top
Close
Home
Chat
Jaket
Blog
0 Cart
Close

My Cart

Shopping cart is empty!

Continue Shopping