KODE ETIK MITRA

Standard Operating Procedure (Kode Etik) dan Sanksi OkeJek

Dalam konsep Buy the Service, ada kontrak layanan yang harus dipenuhi oleh pihak operator.

Kontrak layanan ini mencakup juga Standard Operating Procedure (SOP) yang meliputi :

  1. Standar Operasi Pelayanan dan Pengoperasian, yang meliputi : standar kendaraan (syarat umum, syarat teknis, dan perlengkapan kendaraan), standar operasi aplikasi (tata cara pengoperasian order lewat aplikasi), standar keselamatan, standar pelayanan jasa kepada penumpang, dan standar pelaporan (mekanisme pelaporan dan evaluasi).
  2. Standar Pengemudi/Pramudi, yang meliputi : standar persyaratan minimum pramudi, standar tata cara penerimaan pramudi, standar pelatihan keterampilan, standar seragam dan perlengkapan, standar pelaporan dan koordinasi, standar jaminan yang ditentukan. 
  3. Standar Administrasi, yang meliputi : standar penerimaan orderan customer, standar dokumen wajib dan standar administrasi keuangan.

 

No.Kode Etik (SOP)Sanksi Melanggar
1Tidak memberikan Deposit/Down PaymentAkun tidak diaktifkan
2Memiliki atribut OkeJek (Jaket&Helm) dan tidak mempergunakan dengan benarPeringatan Verbal
3Perbedaan plat nomor kendaraan yang digunakan dengan yang tampil pada aplikasiPeringatan Verbal, Akun dinonaktifkan sementara
4Tidak berpakaian yang rapi dan menggunakan sepatu saat melayani penumpangPeringatan Verbal
5Tidak memberikan informasi terlambat/ konfirmasi kepada penumpangPeringatan Verbal
6Kondisi kendaraan yang kotorPeringatan Verbal
7Bersikap tidak sopan dan kasar, bertutur kata yang tidak baik dan tidak menyenangkan bagi penumpangPeringatan Verbal
8Terbukti memiliki akun hanya untuk mengambil data customerAkun di Non Aktifkan Permanen dan Saldo Hangus
9Driver bertanggung jawab menerima dan menyelesaikan order yang masuk, dan selalu melaporkan kepada Admin terhadap orderan fiktifPeringatan Verbal
10Menerima / menekan tombol selesai tanpa menjemput Penumpang / mengambil pesananPeringatan Verbal, Akun dinonaktifkan sementara
11Menekan tombol “Finish” tanpa menjemput dan mengantar penumpangPeringatan Verbal, Akun dinonaktifkan sementara
12Memakai atribut ojek online lain saat mengambil order dari aplikasi OkeJekPeringatan Verbal, Akun dinonaktifkan sementara
13Meminta bayaran lebih dari tarif kepada penumpangPeringatan Verbal
14Tidak melaporkan perubahan plat/ kendaraan yang digunakanAkun dinonaktifkan Sementara
15Membatalkan pesanan tanpa alasan yang jelasPenalti Deposit setelah 5x berturut-turut
16Tidak memberikan potongan harga yang seharusnya ada pada penumpang yang menggunakan Kupon DiskonAkun dinonaktifkan Sementara
17Membujuk penumpang ataupun dengan sengaja menyalahgunakan Kupon DiskonAkun dinonaktifkan Sementara
18

Sengaja memanipulasi perangkat selular sendiri/milik orang lain untuk memanipulasi system.

Cth : membuat pesanan fiktif, menggunakan aplikasi fake GPS

Akun di Non Aktifkan Permanen dan Saldo Hangus
19Mencurangi / memanipulasi sistem OkeJek milik sendiri / orang lain untuk alasan apapun, termasuk untuk mendapatkan bonusAkun dinonaktifkan Sementara, Akun di Non Aktifkan Permanen dan Saldo Hangus
20Mempergunakan Akun OkeJek milik orang lainAkun dinonaktifkan Sementara
21Menghina, melecehkan dan mengintimidasi penumpang baik secara langsung maupun tidak langsungAkun dinonaktifkan Sementara
22Membuat penumpang cedera karena kelalaian mengemudiAkun dinonaktifkan Sementara
23Mengulangi pelanggaran (1-22) dan akun pernah dinonaktifkan sementara Akun di Non Aktifkan Permanen dan Saldo Hangus
24Tidak diperbolehkan meminta order secara langsung / manual ke adminAkun dinonaktifkan Sementara
25

Pelanggaran – Pelanggaran Berat 

  • Pelecehan Seksual
  • Kekerasan Fisik
  • Kepemilikan Sajam
  • Kepemilikan Obat terlarang
  • Mengemudi dalam keadaan mabuk
  • Melanggar aturan lalu lintas
  • Melanggar hukum atau berurusan dengan hukum yang berlaku
Akun di Non Aktifkan Permanen dan Saldo Hangus
26Laporan dari customer merokok di kendaraan pada saat membawa PenumpangAkun dinonaktifkan Sementara
27Membatalkan pesanan / mematikan aplikasi Oke Driver  namun tetap mengantar Penumpang / pesananAkun dinonaktifkan Sementara
28Memprovokasi Mitra lain untuk melakukan kegiatan yang dapat merugikan pihak lain, termasuk OkeJek (contoh: Anarkis, Perusakan Fasilitas, Razia)Akun di Non Aktifkan Permanen dan Saldo Hangus
29Tidak memberikan / menyalahgunakan potongan harga untuk Penumpang yang menggunakan kode promoAkun dinonaktifkan Sementara
30Menyebarkan informasi / berita yang tidak benar sehingga menimbulkan keresahan bagi Mitra lain melalui cara apapun, termasuk melalui media (contoh: online / cetak)Akun di Non Aktifkan Permanen dan Saldo Hangus
31Meminjamkan maupun melakukan jual beli akun Mitra OkeJekPemutusan hubungan kemitraan / Suspend permanen
32Segala kecurangan yang menggunakan dan atau melibatkan metode pembayaran Tunai dan atau Non-Tunai, yang dapat merugikan pihak manapun baik materiil maupun immaterialPembekuan akun hingga 7 hari
33Membatalkan pesanan/mematikan aplikasi Oke Driver namun tetap mengantar penumpang/pesananPembekuan akun hingga 7 hari
34Menyebarkan atau membujuk orang lain untuk menyebarkan berita tidak benar/bohong/palsu yang dapat merusak nama baik perusahaan ataupun karyawannya baik secara langsung (contoh: orasi di depan publik) maupun tidak langsung melalui media apapun (contoh: media sosial, media cetak), sehingga menimbulkan keresahan bagi publik dan atau kerugian bagi pihak manapun termasuk OkeJekAkun di Non Aktifkan Permanen dan Saldo Hangus 
35Jika akun tidak aktif dalam jangka waktu 40 hariAkun otomatis nonaktif dan saldo hangus

 

Kondisi yang menyebabkan Akun Non Aktif / Suspend Sementara tanpa melakukan Kesalahan.

1. Tidak mengisi Deposit

  • Oke Car : 1 hari setelah aktif
  • Oke Ride : 1 hari setelah aktif
  • Tidak melengkapi berkas/ dokumen yang kurang 
  • 30 hari setelah pendaftaran diterima dan akun diaktifkan

2. Tidak menerima pekerjaan dan atau tidak menyelesaikan pekerjaan

  • 15 hari setelah aktif dan atau dari aktif terakhir tanpa keterangan

3. Deposit kurang dan masih memiliki cicilan Atribut, sehingga pemotongan deposit tidak dapat dilakukan 

PERNYATAAN MENYETUJUI STANDARD OPERATING PROCEDURE (KODE ETIK)

Dengan ini secara sadar, Saya menyatakan :

  1. Saya sepenuhnya memahami dan menyetujui serta akan menjalankan semua klausul yang disebutkan diatas pada Standard Operating Prosedure (Kode Etik) Mitra OkeJek Kreasi Indonesia.
  2. Saya akan bertanggung jawab untuk setiap kewajiban dan segala pencemaran nama baik yang diakibatkan oleh operasi kendaraan bermotor/kendaraan penumpang dan/atau taksi/layanan pengiriman penumpang dan atau layanan pembelian makanan dan atau layanan pengiriman barang , termasuk, namun tidak terbatas pada cedera personal, kematian, dan kerusakan properti.
  3. Saya siap bertanggung jawab atas kerugian yang diderita oleh Okejek Kreasi Indonesiajika saya ditemukan melanggar tiap klausul apapun dalam Standard Operating Prosedure (Kode Etik) Pengemudi. 
  4. Dalam hal anda melakukan pelanggaran atas kode etik yang anda setujui dan memiliki sanksi pemutusan hubungan kemitraan serta tidak dikembalikannya saldo tunai dan deposit Anda, Anda dengan ini melepaskan dan membebaskan serta tidak akan menuntut Okejek Kreasi Indonesiaatas sisa saldo tunai dan deposit anda yang hangus sebagai denda atas pelanggaran tersebut. 
  5. Saldo deposit tidak dapat di uangkan maupun di tarik ke rekening.
  6. Kode etik ini dapat diubah sewaktu-waktu secara sepihak oleh pihak OkeJek, sehingga Anda juga menyatakan akan secara teratur meninjau dan selalu tunduk pada “Syarat dan Ketentuan Layanan” dan “Kode Etik” ini sebagaimana disebutkan disini website resmi Okejek Kreasi Indonesia